Silabus
Sekolah : SMP NEGERI 1 DRAMAGA
Mata Pelajaran : Bahasa SUNDA
Kelas/Semester : IX/ 1
Standar Kompetensi : Menyimak
9.1. Mampu
menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/khotbah/ceramah, lirik lagu
jenis tembang danpembacaan cerita pendek (carpon)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1.1. Menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar
|
Penyimpulan pidato/khotbah/ceramah
|
o Menyimak
pidato/ceramah/khotbah
o Mendiskusikan
hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
o Menyimpulkan
pesan pidato/ceramah/khotbah dalam beberapan kalimat
|
· Mampu
menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
· Mampu
menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
§ Tulis
deui hal-hal anu pokok tinapidato/ceramah/khotbah anu tos diregepkeun ku
hidep!
§ Cing
pek cindekeun amanah pidato /khotbah anu tos diregepkeun ku hidep dina wangun
kalimah!
|
2 X 40’
|
Rekaman pidato
|
Standar Kompetensi : Menulis
9.4. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara tertulis dalbentukmenulis surat mengemukakan teks pidato, hasil
wawancarai, menulis berita, dan karangan ilmiah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.4.1. Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif
|
Penulisan teks
pidato/ceramah/khotbah
|
o Mencermati teks pidato/ceramah/khotbah
o Berdiskusi
untuk menentukan sistematika
pidato/ceramah/khotbah
o Menentukan
tema pidato/ceramah/khotbah yang akan
akan disampaikan
o Menyusun
kerangka pidato
o Mengembangkan
kerangka pidato menjadi pidato dengan sistematika yang baik dan bahasa yang
efektif
Menyunting pidato
|
o Mampu
menentukan tema pidato/ceramah/khotbah
o Mampu
menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah
o Mampu
mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan
memperhatikan sistematika yang baik
o Mampu
menyunting teks pidato/ceramah/khotbah yang ditulisnya
|
Tes unjuk
kerja
Portofolio
|
Uji petik
kerja prosedur dan produk
Dokumen teks pidato siswa (draf 1) dan yang sudah diperbaiki
berdasarkan masukan teman dan/atau guru
|
Coba Susun teks pidato /
khotbah ngaliwatan lengkah-lengkah: 1.nangtukeun tema,
2. nyusun rangka karangan
3. Nyusun naskah pidato!
|
2 X 40’
|
Buku-buku pidato/ceramah/khotbah,Buku Teks
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9.2. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara lisan dalam bentuk mengemukakan Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran,
bercerita tentang cerita pendek (carpon)
dan Musikalisasi
puisi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.2.1. Berpidato/
berceramah/ber-khotbah dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta volume suara yang jelas
|
Cara beridato/berceramah/berkhotbah dan implementasi-
nya
|
o
Mengamati dan mencermati
pidato/ceramah/khotbah
o
Berdiskusi untuk menyusun garis besar
kerangka pidato/ceramah/khotbah dengan topik lain
o
Mengembangkan kerangka
pidato/ceramah/khotbah
o
Berlatih
berpidato/berceramah/berkhotbah
o
Melaksanakan kegiatan
pidato/ceramah/khotbah depat serta
serta artikulasi dan volume suara yang jelas!
|
· Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah
· Mampu berpidato/
berceramah/berkhotbah dengan
intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik
kerja produk
|
§ Susun
hiji rangka karangan dumasar kana hiji jejer !
§ Cing
pek kuhidup biantarakeun naskah pidato anu tos disusun kalawan intonasi,
artikulasi jeung volume sora anu hade tur jelas!
|
4 X 40’
|
Acara
perhelatan
Buku teks
|
9.2.2. Konsep
Kebahasaan
9.2.3. Apresiasi
sastra
|
Babaran Kecap
(Kosa Kata)
Babasan dan
Paribasa
Apresiasi
Carita Pantun
|
a.
Menyusun kembali Babasan jeung Paribasa yg terdapat pada pidato, khotbah
b.
Membuat babasan dan paribasa
berdasarkan kalimat yang diambil dari bahan ceramah, pidato,khotbah.
· Membaca
naskah carita Pantun
· Berdiskusi
untuk menemukan nilai kehidupan yang
positif dan negatif dalam kumpulan carita Pantun
· Membandingkan nilai kehidupan dalam carita Pantun dengan nilai kehidupan
siswa
menyimpulkan nilai kehidupan dalam carita Pantun yang
dapat menjadi teladan siswa
|
-
Mampu membuat 2 contoh babasan
-
Mampu menyusun 2 contoh babasan dari
kalimat yang diambil dari bahan pidato yang didengarkannya
o Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam
kumpulan carita Pantun
o Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam carita Pantun dengan nilai
kehidupan siswa
Mampu
menyimpulkan nilai kehidupan dalam carita Pantun yang dapat
menjadi teladan siswa
|
Demontrasi
Penugasan
|
Lembar kerja
prosedur
Tugas proyek
|
1.
Cing pek tuliskeun deui 2 conto babasan anu aya dina teks biantara.
2.
Coba tuliskeun deui 2 conto kalimat anu ngagunakeun paribasa!
3. Pek
ku hidep baca naskah carita Pantun sarta
alisis nilai kahirupan nu aya dina carita Pantun eta,
|
2 x 40’
2 x 40’
|
CD
pidato
Buku teks
|
Standar Kompetensi : Menyimak
9.1. Mampu
menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/khotbah/ceramah, lirik
lagu jenis tembang dan “nembengkeun” cerita pendek (carpon)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1.3. Menyimak lirik
(rumpaka) lagu-lagu jenis tembang
|
Menyimak Rumpaka
lagu jenis tembang
|
o Mendengarkan rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Mendiskusikan
hal-hal pokok dalam rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Menyimpulkan
pesan yang terdapat dalam rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik
|
o Mampu menemukan
hal-hal pokok dalam rumpaka
lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Mampu menyimpulkan pesan rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Mampu menentukan isi rumpaka
lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Mempu memberi komentar dengan
alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi rumpaka lagu
jenis tembang Ulah ceurik
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
1. Tulis
deui anu jadi jejer dina rumpaka lagu tembang Ulah
ceuriknu diregepkeun ku hidep!
2. Jieun
kacindekan tina rumpaka lagu tembang Ulah
ceurik dina wangun kalimah!
3. Cing pek ku hidep tangtukeun eusi rumpaka
lagu tembang Ulah ceurik
|
2 X 40’
|
Rekaman CD
tembang ”ulah Ceurik”
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9.2. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara lisan dalam bentuk mengemukakan Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran,
bercerita tentang cerita pendek (carpon)
dan Musikalisasi
puisi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.2.4. Mengkritik berbagai karya
(seni atau produk)
|
Mengkritik
|
· mendengarkan tembang “ulah ceurik”
· Berdiskusi
untuk menemukan nilai kehidupan yang
positif dan negatif dalam tembang “ulah ceurik”
· Membandingkan nilai kehidupan dalam tembang dengan nilai kehidupan siswa
· menyimpulkan nilai kehidupan dalam
tembang yang dapat menjadi teladan
siswa
|
·
Mampu menemukan nilai-nilai
kehidupan yang positif maupun negatif dalam tembang “ulah ceurik”
·
Mampu membandingkan nilai
kehidupan dalam tembang “ulah ceurik” dengan nilai kehidupan siswa
·
Mampu menyimpulkan nilai kehidupan dalam tembang “ulah ceurik”
yang dapat menjadi teladan siswa
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik
kerja produk
|
Regepkeun tembang “ulah
ceurik” tuluy analisis nilai kahirupan
nu aya dina tembang “ulah ceurik”, sarta
bandingkeun jeung ajen kahirupan kiwari anu bisa dipake eunteung ku
siswa!
|
2 X 40’
|
Rekaman CD
tembang ”ulah Ceurik
|
Standar Kompetensi : Membaca
9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis
bentuk atau jenis
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.3.1. Membaca sastra
prosa berupa dongeng
Wangun Kecap
|
Membaca dongeng
babad (sage)
Wangun kecap
rajekan sa- R- na
|
o
Mendengarkan penyajian dongeng
o
Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide yang menarik dari dongeng
o
Merangkai ide-ide menarik
menjadi hal-hal menarik dari dongeng
o
Membaca cerita dongeng babad
o
Berdiskusi untuk menentukan
pokok-pokok cerita
o
Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o
Menceritakan kembali cerita dengan
bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis
o
Mendengarkan penjelasan bentuk kata
Sa – R – na
o
Menentukan fungsi kata ulang
o
Membuat conto kata ulang s – R – na
|
·
Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
·
Mampu merangkai ide-ide menarik
menjadi hal-hal menarik dari dongeng
·
Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·
Mampu merelevansikan isi dongeng
dengan situasi sekarang
·
Mampu menceritakan kembali cerita
dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.
·
Mampu menyebutkan fungsi kata ulang s
–R – na
·
Mampu merubah kata dasar menjadi kata
ulang s – R – na
·
Mampu membuat dua kalimat dengan
menggunakan kata ulang sa– R - na
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
1. Pek
tangtukeun gagasan utama nu aya dina dongeng babad anu tos dibaca ku hidep!
2. Tuliskeun deui hal-hal anu matak ngirut
minat hidep anu aya dina carita dongeng!
3. coba tuliskeun deui eusi dongeng anu tos dibaca secara lisan!
4. Coba jelaskeun relevansina antar eusi dongeng anu tos dibaca jeung kahirupan
kiwari?
1. Coba sebutkeun fungsi kecap rajekan sa –
R - na
2. Cing pek susun 2 conto kecap anu make
kecap rajekan sa – R – na
3.
Cing pek jieun ku hidep 2 conto kalimah anu make kecap rajekan sa – R
- na
|
4X40’
|
Kaset /CD dongeng
Buku teks
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9.2. Mampu
mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
mengemukakan Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran,
bercerita tentang cerita pendek (carpon)
dan Musikalisasi
puisi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.22.
Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
|
Bermain peran
|
o
Membaca teks drama yang telah ditulis
o Menentukan
karakter tokoh
o Memilih
tokoh yang akan diperankan
o Berlatih
menghayati karakter tokoh beserta teman sebagai lawan main
o Olah
vokal
o Menyiapkan
perangkat pendukung tokoh yang akan diperankan
o Memerankan
tokoh sesuai karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang
tepat
|
·
Mampu menentukan karakter tokoh dalam naskah
yang telah ditulis siswa
·
Mampu memerankan tokoh sesuai
karakter yang dituntut dengan lafal yang jelas dan intonasi yang tepat
·
Mampu menentukan karakter tokoh
·
Mampu berimprovisasi berdasarkan
kerangka naskah
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
|
Daftar
pertanyaan
Tes simulasi
|
1.
Cing pek tangtukeun karakter tokoh carita dina naskah drama anu dibaca!
2. Coba perankeun karakter tokoh luyu jeung
naskah nu aya dina teks drama?
|
4x40’
|
Buku teks
|
Standar Kompetensi : Membaca
9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis
bentuk atau jenis
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.3.4.
Mengidentifika-si unsur intrinsik teks drama
kebahasaan
Kosa Kata
Jenis Kata
Kecap Pancen
|
Pengidentifikasian unsur intrinsik teks drama
Istilah Paelmuan
Kecap Panambah
Kecap Panyeluk
|
o Membaca
teks drama, kemudian mendiskusikan
unsur-unsur instrinsik teks drama
o Menganisis unsur-unsur intrinsik teks drama melalui
diskusi
o Mendiskusikan
keterkaitan antarunsur intrinsik agar bisa menemukan makna
o secara
utuh
· siswa
bersama-sama guru membahas kata-kata yang berhubungan dengan ”istilah
paelmuan”
· siswa
membuat contoh kalimat menggunakan kata-kata ”istilah paelmuan”
· siswa
bersama-sama guru membuat pengertian ’kecap panambah”
· siswa
menganalisis jenis-jenis ”kecap panambah”
· membuat
contoh ’kecap panambah” serta merangkaikannya dalam sebuah kalimat yang baik.
· siswa
bersama-sama guru membuat pengertian ’kecap panyeluk”
· siswa
menganalisis jenis-jenis ”kecap panyeluk”
· membuat
contoh ’kecap panyeluk” serta merangkaikannya dalam sebuah kalimat yang baik
|
· Mampu
menentukan unsur-unsur intrinsik teks drama
· Mampu
menganalisis teks drama berdasarkan unsur-unsur intrinsiknya
· Menganalisis
keterkaitan antarunsur intrinsik dalam teks drama
o Mampu
mengenal kata-kata yang berkaitan dengan ”istilah paelmuan”
o Mampu menyusun 2 contoh kalimat dengan
menggunakan ”istilah paelmuan”
· Mampu
mengenal ”kecap panambah”
· Mampu
menyebutkan lima jenis ”kecap panambah”
· Mampu
menyusun dua kalimat yang menggunakan ’kecap panambah”
· Mampu
mengenal ”kecap payeluk”
· Mampu
menyebutkan lima jenis ”kecap payeluk”
· Mampu
menyusun dua kalimat yang menggunakan ’kecap payeluk”
|
Tes lisan
Tes unjuk
kerja
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Daftar
pertanyaan
Tes simulasi
Daftar
pertanyaan
Daftar
pertanyaan
|
1.
Coba sebutkeun tema naskah drama anu tos dibaca?
2. Sebutkeun 2 unsur intrinsik drama?
1. sebutkeun
4 conto kecap anu kaasup istilah paelmuan?
2. Coba
jelaskeun harti kecap istilah paelmuan ieu di handap !
a. undagi,
b. caturangga
c. kasantikaan
d. paroid
3.
cing pek susun 2 conto kalimah anu ngagunakeun istilah paelmuan ieu di
handap!
a. palintangan
b. paramasastra
1.sebutkeun
2 conto kecap anu kaasup ”kecap panambah”?
2.Coba
tuliskeun deui 5 jenis kecap ”kecap panambah”
Jeung contona !
3.
cing pek susun masing-masing 2 conto kalimah anu ngagunakeun ”kecap panambah”
ieu di handap!
a. Kecap panganteb
b. kecap panganteur
1.sebutkeun
2 conto kecap anu kaasup ”kecap payeluk”?
2.Coba
tuliskeun deui 6 jenis kecap ”kecap payeluk”
Jeung contona !
3.
cing pek susun masing-masing 3conto kalimah anu ngagunakeun ”kecap payeluk”
ieu dihandap!
a. nuduhkeun rasa gumbira,
b. nuduhkeun rasa nyeri
c. nuduhkeun rasa kaget
|
2x40’
2x40’
2x40’
2x40’
|
Buku teks
Buku teks
Buku teks
Buku teks
|
Standar Kompetensi : Membaca
9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis
bentuk atau jenis
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.3.5. Membaca Artikel
|
Cara menemukan gagasan dalam wacana dan implementasi-
nya
|
o Membaca
artikel dan buku untuk menemukan berbagai gagasan yang terdapat di dalamnya.
o Membaca
artikel dan/atau buku dengan cara mengutip pernyataan-pernyataan yang
terdapat di dalamnya dan memanfaatkannya dalam penulisan karya ilmiah
|
o Menemukan
gagasan dari artikel
o Menemukan
gagasan dari buku
o Mengutip
pernyataan dari arikel atau buku sebagai referensi dalam penulisan karya tulis
|
Tes tulis
|
Tes uraian
|
1. Cing pek sebutkeun gagasan utama nu aya
dina artikel majalah/buku!
2. Tuliskeun deui kutipan anu aya dina artikel
anu eusina mangrupa pamadegan ti para ahli!
3. Tuliskeun deui sistematika/bagian-bagian anu
aya dina bubuka artikel nu dibaca ku hidep!
|
9.4. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara tertulis dalam
bentuk menulis surat mengemukakan teks pidato, hasil
wawancarai, menulis
berita, dan karangan ilmiah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.4.2. Menulis surat
Jenis Kalimah
|
Penulisan surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah
Kalimah Wawaran
|
o Mengamati
beberapa surat dinas, kemudian mendiskusikan sistematika surat dinas
o Mendiskusikan
penggunaan bahasa dalam surat dinas
o Bertanya
jawab mengenai kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
o Menulis
surat dinas yang berkenaan dengan kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku
o Guru
dan siswa membahas pengertian ”kalimah wawaran”
o Siswa
dengan bimbingan dari guru menyusun contoh ”kalimah Wawaran”
o Mengklasifikasikan
jenis ”kalimah wawaran”
|
o
Mampu menentukan sistematika surat
dinas
o
Mampu menulis surat dinas dengan
bahasa baku
o
Mampu menyunting surat dinas
o Mampu
menyebutkan pengertian ”kalimah Wawaran”
o Mampu
mengklasifikasikan jenis ”kalimah Wawaran”
o Mampu
menyusun ”kalimah wawaran basajan jeung jembar”
|
Tes tertulis
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
Tes tertulis
|
Tes uraian
Uji petik kerja produk
Uji petik
kerja produk
Tes uraian
|
1.
Cing pek ku hidep tulis deui susunan
surat dines!
2.
Tulis deui surat dines ti pupuhu OSIS
keur ka Kapala sakola anu eusina menta izin ngalaksanakeun kagiatan di ruang
serba guna!
3.
Coba ropea/omean deui surat dines anu di
tulis ku babaturan hidep!
1. Cing
pek sebutkeun watesan kalimah salancar basajan!
2.
sebutkeun watesan kalimah salancar jembar!
3.
Tataan ciri-ciri kalimah salancar basajan
jeung salancar jembar!
4.
Susun masing-masing 2 conto kalimah salancar
jembar jeung kalimah salancar basajan!
|
2x40’
2x40’
|
Contoh Surat-surat dinas di sekolah
Buku teks
Buku
referensi
Buku teks
Buku
referensi
|
9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis
bentuk atau jenis
erita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.3.6. Menganalisis unsur-unsur pupuh magatru dan juru
demung yang diperdengarkan
|
Penganalisisan unsur-unsur pupuh magatru dan juru
demung
|
o
Mendengarkan model “nembengkeun” pupuh
magatru dan juru demung dari narasumber
o
Mendiskusikan tema dan pesan pupuh
magatru dan juru demung
o
Menyimpulkan tema pupuh magatru dan juru demung
o
Menyimpulkan pesan pupuh magatru dan
juru demung
o Mendengarkan
beberapa “nembengkeun” pupuh magatru dan juru demung dari narasumber
o Mengidentifikasi
syarat-syarat pupuh magatru dan juru demung
o Menganalisis
pupuh magatru dan juru demung berdasarkan unsur-unsur pupuh magatru dan juru
demung
|
o
Mampu menemukan tema pupuh magatru
dan juru demung berdasarkan inti pengungkapan pupuh magatru dan juru demung
o
Mampu menangkap pesan pupuh magatru
dan juru demung dengan bukti yang meyakinkan
o
Mampu menyimpulkan syarat-syarat
pupuh magatru dan juru demung
Mampu menganalisis pupuh magatru dan juru demung yang
diperdengarkan berdasarkan unsur-unsur pupuh magatru dan juru demung
|
Tes tulis
|
Tes Uraian
|
1.
Sebutkeun guru lagu jeung guru
wilangan pupuh magatru jeung juru demung!
2. cing
pek Analisislah pupuh magatru jeung
juru demung dumasar kana unsur-unsurna demung!
3.
Tangtukeun tema jeung amanah pupuh magatru jeung juru demung anu tos
dibaca ku hidep!
|
2x40’
|
Buku teks
Kaset pupuh
|
Kepala SMP N 1 Dramagaru, Guru Matapelajara
NIP. 131 614 472
NIP.
196803021998021003
Silabus
Sekolah : SMP NEGERI 1 DRAMAGA
Mata Pelajaran : Bahasa SUNDA
Kelas/Semester : IX/ 2
Standar Kompetensi : Menyimak
9.1. Mampu
menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan jenis
pidato/khotbah/ceramah, lirik
lagu jenis tembang dan Pembacaan cerita pendek
(carpon)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.1.3.Menemukan tema,
latar, dan penokohan, pada
cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen
9.1.4. Menganalisis
nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
Kebahasaan
|
Cara menemukan unsur-unsur cerpen dan implementasi- nya
Penganalisisan nilai-nilai kehidupan pada cerpen
Kosa Kata
Istilah Arsitektur
Kecap Panyambung
|
o Membaca
buku kumpulan cerpen
o Berdiskusi
untuk menentukan tema, latar, dan
penokohan dalam tiap-tiap cerpen
o Menunjukkan
keterkaitan antarunsur cerpen sebagai dasar pembulatcermatan makna cerpen
secara utuh
· Membaca
buku kumpulan cerpen
· Berdiskusi
untuk menemukan nilai kehidupan yang
positif dan negatif dalam kumpulan cerpen
· Membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
o menyimpulkan nilai kehidupan dalam
cerpen yang dapat menjadi teladan
siswa
o siswa
bersama-sama guru membahas kata-kata yang berhubungan dengan ”istilah arsitektur”
o siswa
membuat contoh kalimat menggunakan kata-kata ”istilah arsitektur”
· siswa
bersama-sama guru membuat pengertian ’kecap panyambung”
· siswa
menganalisis jenis-jenis ”kecap panyambung”
· membuat
contoh ’kecap panyambung” serta merangkaikannya dalam sebuah kalimat yang
baik
|
o Mampu
menyimpulkan tema cerpen
o Mampu
menemukan latar cerpen dengan bukti faktual
o Mampu menemukan karakter tokoh cerpen
dengan bukti yang meyakinkan
o Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam
kumpulan cerpen
o Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan
siswa
o Mampu menyimpulkan nilai kehidupan
dalam cerpen yang dapat menjadi teladan
siswa
o Mampu
mengenal kata-kata yang berkaitan dengan ”istilah arsitektur””
o Mampu
menyusun 2 contoh kalimat dengan menggunakan ”istilah arsitektur”
· Mampu
mengenal ”kecap panyambung”
· Mampu
menyebutkan lima jenis ”kecap panyambung”
· Mampu
menyusun dua kalimat yang menggunakan ’kecap panyambung
|
Penugasan
Tes tertulis
Tertulis
|
Tugas proyek
Daftar
pertanyaan
Daftar
pertanyaan
|
Cing pek
kuhidep baca kumpulan Carpon sarta analisis unsur-unsur intrinsikna.
1. sebutkeun
4 conto kecap anu kaasup ”istilah arsitektur”?
2.Coba
jelaskeun harti kecap ”istilah arsitektur” ieu di handap !
a.
balandongan,
b. bale
watangan
c. bagang
d. elos
3.
cing pek susun 2 conto kalimah anu ngagunakeun ”istilah arsitektur” ieu di
handap!
a. be’de’ng
b. bedeng
1.sebutkeun
2 conto kecap anu kaasup ”kecap panyambung?
2.Coba
tuliskeun deui 3 jenis kecap ”kecap panyambung”
Jeung contona !
3. cing
pek susun masing-masing 2conto kalimah anu ngagunakeun ”kecap panyambung” ieu
dihandap!
a. Sanggeus
b. boh...boh...
|
4x40’
2x40’
2X40’
|
Buku teks
Kumpulan
Carpon ”dog-dog Pangrewong”
Kumpulan
Carpon ”Panggung Wayang”
Buku teks
BUKU TWKS
|
Standar Kompetensi : Berbicara
9.2. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara lisan dalam bentuk mengemukakan Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran,
bercerita tentang cerita pendek (carpon)
dan Musikalisasi
puisi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.2.3..Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi
puisi dan suasana/irima yang diban
|
Musikalisasi Puisi
|
o Mencermati
beberapa puisi yang sudah dimusikalisasi
o Berdiskusi
untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan
o Menentukan
suasana puisi lewat diskusi
o Menghubungkan
suasana puisi dengan irama
musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
o Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irima yang dibangun
|
o Mampu
menentukan suasana puisi
o Mampu
menghubungkan suasana puisi dengan
irama musikalisasi puisi
Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan
suasana/irama yang dibangun
|
Tes unjuk
kerja
|
Tes
identifikasi
Uji petik
kerja produk
|
§ Tangtukeun
suasana pikeun nembangkeun puisi
§ Pek
ku hidep tembangkeun puisi anu tos dipilih dumasar kana suasana penjiwaan
puisina!
|
2x40’
|
Buku teks
Buku ulikan
sastra sunda,
Buku
panyungsi sastra,
Lima abad
sastra sunda
|
9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis
bentuk atau jenis
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.3.7.Apresiasi Puisi buhun
|
Apresiasi puisi Kakawihan
|
· Guru
membahas gambaran umum tentang puisi kakawihan
· Mengidentifikasi
unsur-unsur kakawihan
· Bersama-sama
”menembangkan puisi kakawihan
· Menganalisis
unsur intrinsik dan ekstrinsik puisi kakawihan, serta serta implementasinya
dalam kehidupan siswa.
|
· Mampu
mendefinisikan puisi kakawihan
· Mampu
mengidentifikasi jenis-jenis puisi kakawihan
· Dapat
menyebutkan unsur-unsur puisi kakawihan
· Mampu
menganalisis unsur intrinsik kakawihan dengan baik
· Dapat
menembangkan puisi kakawihan dengan ekspresi yang baik
|
Tes tertulis
Tes unjuk
kerja
|
Daftar
pertanyaan
Tes
identifikasi
Uji petik
kerja produk
|
1. Coba sebutkeun watesan puisi kakawihan
2. sebutkeun 4 unsur intrinsik kakawihan
3. Baca kakawihan sing gemet. Terus analisis
eusina dumasarkana unsur-unsur puisina.
4. tembangkeun kakawihan nu tos dibaca kuhidep
dihareupeun kelas
|
2x40’
|
Buku teks
LKS
|
9.2. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara lisan dalam bentuk mengemukakan Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran,
bercerita tentang cerita pendek (carpon)
dan Musikalisasi
puisi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.2.5. Menceritakan isi Novel
9.2.6. Bentuk Kalimah
9.2.7. Tata Makna
|
Novel
Kalimah Ngantet
Parobahan Harti Kecap
|
o
Mendengarkan pembacaan kutipan novel
o
Menentukan tokoh-tokoh yang terdapat
di dalam kutipan suatu novel,
o
Menentukan sifat/watak tokoh
o
Mendengarkan pembacaan sinopsis novel
o
Berdiskusi untuk menentukan
tahap-tahap alur
o
Mengidentifikasi peristiwa
berdasarkan alurnya
o
Mendiskusikan pengertian ”kalimah
ngantet”
o
Mendengarkan pembahasan ”kalimah
ngantet” dari guru
o
Mengidentifikasi jenis-jenis ”kalimah
ngantet”
o
Menganalisis ciri-ciri ”kalimah
ngantet”
o
Membuat contoh ”kalimah ngantet”
berdasarkan jenisnya
o
Mendiskusikan pengertian ”parobahan
harti kecap”
o
Mendengarkan pembahasan ”parobahan
harti kecap” dari guru
o
Mengidentifikasi jenis-jenis ”parobahan
harti kecap”
o
Membuat contoh kalimat dengan
menggunakan ”parobahan harti kecap”
|
·
Mampu menentukan tokoh-tokoh
·
Mampu menentukan sifat tokoh dengan
alasan yang menyakinkan
·
Mampu menentukan tahap-tahap
alur
o Mampu
mengidentifikasi peristiwa dari sinopsis yang didengar berdasarkan alur nya
o
Mampu menyebutkan pengertian kalimah
ngantet
o
Mampu menyebutkan jenis-jenis ”kalimah
ngantet”
o
Mampu menjelaskan ciri-ciri ”kalimah
ngantet” berdasarkan jenisnya
o
Mampu menyusun 2 conto ”kalimah
ngantet” berdasarkan jenisnya.
o
Mampu menyebutkan pengertian ”parobahan
harti kecap”
o
Mampu menyebutkan jenis-jenis ”parobahan
harti kecap”
o
Mampu menyusun 2 conto kalimat yang
mengandung parobahan harti kecap
|
Tes tulis
Tes unjuk
kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Uji petik
kerja produk
Tes uraian
Tes uraian
|
1. Tataan deui tokoh protagonis jeung
antagonis dina novel anu tos dibaca ku hidep
2.
Jelaskeun karakter tokoh nu aya dina novel ngagunakeun basa sorangan!
3. Susun
deui runtuyan plot nu aya dina novel kasebut!
4.
Identifikasi deui kajadian nu aya dina unggal efisode dina novel anu
tos dibaca ku hidep!
1. Cing
pek sebutkeun wangenan kalimah ngantet?
2. Sebutkeun
2 jenis kalimah ngantet?
3. Coba
jelaskeun ciri-ciri kalimah nganten dumasar kana jenisna?
4. Susun
masing-masing 2 conto kalimah ngantet nurutkeun jenisnna!
1. Pilih
kalimah di handap ieu anu hartina ngalegaan!
a. Tanteu Erna tukang bala-bala
keliling ka tabrak beca.
b. Pun Bibi mah kawitna ti
c.
d. “Punten bade tumaros, ari anu bade nikah
téh Teteh kitu?” ceuk pa lebe
|
4x40’
2x40’
2x40’
|
Buku teks
Novel
Baruang kanu
ngarora
Rajetna hate
awewe, laleur bodas, jsb.
Buku teks
Buku teks
|
9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis
bentuk atau jenis
cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.3.8.Apresiasi Sastra buhun
|
Apresiasi Carita
Wawacan
|
· Guru
membahas gambaran umum tentang ”wawacan”
· Mengidentifikasi
unsur-unsur ”wawacan”
· Bersama-sama
”menembangkan”wawacan”
· Menganalisis
unsur intrinsik dan ekstrinsik ”wawacan”, serta serta implementasinya dalam
kehidupan siswa.
|
· Mampu
mendefinisikan ”wawacan”
· Mampu
mengidentifikasi jenis-jenis ”wawacan”
· Dapat
menyebutkan unsur-unsur ”wawacan”
· Mampu
menganalisis unsur intrinsik ”wawacan” dengan baik
· Dapat
menembangkan ”wawacan”
dengan ekspresi yang baik
|
Tes tertulis
Tes unjuk
kerja
|
Daftar
pertanyaan
Tes
identifikasi
Uji petik
kerja produk
|
1. Coba sebutkeun watesan ”wawacan”
2. sebutkeun 3 unsur intrinsik ”wawacan”
3. Baca ”wawacan”sing gemet.
Terus analisis eusina dumasarkana unsur-unsurna
4. tembangkeun ”wawacan”nu
tos dibaca kuhidep dihareupeun kelas
|
2x40’
|
Buku teks
LKS
|
9.4. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan
secara tertulis dalam
bentuk menulis surat mengemukakan teks pidato, hasil
wawancarai, menulis berita,
dan karangan ilmiah.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
9.4.4. menulis karya tulis sederhana dengan
menggunakan berbagai sumber
9.4.5. Jenis Kalimat
|
Penulisan
karya tulis ilmiah
Kalimat
langsung jeung kalimat
teu
langsung
|
o Mengamati
dan mencermati karya tulis
o Berdiskusi
untuk menentukan sistematika karya tulis,
o Menentukan
sebuah topik untuk karya tulis
o Menyusun
kerangka karya tulis
o menemukan
sumber-sumber untuk bahan penulisan karya tulis,
o menyusun
karya tulis dengan sistematika yang baik
menyunting karya tulis
o
Mendiskusikan pengertian ”kalimah
langsung jeung teu langsung”
o
Mendengarkan pembahasan ” kalimah
langsung jeung teu langsung” dari guru
o
Menganalisis ciri-ciri kalimah
langsung jeung teu langsung”
o
Membuat contoh kalimah langsung jeung
teu langsung”
|
·
Mampu menentukan sistematika karya
tulis
·
Mampu menuliskan catatan pustaka dan
daftar pustaka sebagai rujukan.
·
Mampu menulis karya tulis sederhana dengan
menggunakan berbagai sumber
·
Mampu menyunting karya tulis
o
Mampu menyebutkan pengertian kalimah langsung
o
Mampu menyebutkan pengertian kalimah
teu langsung
o
Mampu menjelaskan ciri-ciri ”kalimah langsung”
o
Mampu menjelaskan ciri-ciri ”kalimah
teu langsung”
o
mampu menyusun 2 conto ”kalimah langsung”
o
mampu menyusun 2 conto ”kalimah teu
langsung”
|
Penugasan
Portofolio
Tes tulis
|
Tugas proyek
Tes uraian
|
1 Susun hiji karya tulis, anu temana
”pentingna buku-buku karya sastra Sunda di Perpustakaan sakola’ anu eusina ngawengku Bab bubuka,
bab 2 jeung bab 3 panutup! Waktu: saminggu
1.
Susun dua conto kalimah langsung!
2.
Susun dua conto kalimah teu langsung!
|
4x40’
2x40’
|
Buku-buku untuk panduan penulisan karya tulis;
Lingkungan alam sekitar
Buku referensi
Buku teks
Buku teks
|
Kepala SMP N 1 Dramagaru, Guru Matapelajara
NIP. 131 614 472
NIP.
196803021998021003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar