Senin, 30 Juli 2012

silabus basa Sunda berkarakter


Sekolah                     :  SMP NEGERI 1 DRAMAGA
Mata Pelajaran          : Bahasa SUNDA
Kelas/Semester         :  IX/ 1 (Ganjil)

Standar Kompetensi : Menyimak
                                     9.1. Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/khotbah/ceramah,
                                                lirik lagu jenis tembang danpembacaan cerita pendek (carpon)
                                 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pendidikan budaya dan
 karakter bangsa
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Nilai

Deskrifsi
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1.1. Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar
Penyimpulan pidato/khotbah/ceramah
o Menyimak pidato/ceramah/khotbah
o Mendiskusikan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
o Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah dalam beberapan kalimat
·   Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah


·   Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah


Demokratis







Peduli Sosial
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
Tes  tulis
Tes uraian
§ Tulis deui hal-hal anu pokok tinapidato/ceramah/khotbah anu tos diregepkeun ku hidep!

§ Cing pek cindekeun amanah pidato /khotbah anu tos diregepkeun ku hidep dina wangun kalimah!
2 X 40’
Rekaman pidato




Standar Kompetensi : Menulis
                                     9.4. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat mengemukakan teks pidato, hasil wawancarai, menulis berita, dan karangan ilmiah.



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pendidikan budaya dan
 karakter bangsa
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Nilai

Deskrifsi
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.4.1. Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

 Penulisan teks pidato/ceramah/khotbah
o  Mencermati teks pidato/ceramah/khotbah
o Berdiskusi untuk menentukan  sistematika pidato/ceramah/khotbah
o Menentukan tema pidato/ceramah/khotbah yang akan  akan disampaikan
o Menyusun kerangka pidato
o Mengembangkan kerangka pidato menjadi pidato dengan sistematika yang baik dan bahasa yang efektif
Menyunting pidato
o  Mampu menentukan tema pidato/ceramah/khotbah
o Mampu menyusun kerangka pidato/ceramah/khotbah
o Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ceramah/khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik
o Mampu menyunting teks pidato/ceramah/khotbah yang ditulisnya

Kreatif








Menghargai Prestasi
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
Tes unjuk kerja





Portofolio
Uji petik kerja prosedur dan produk



Dokumen teks pidato siswa  (draf 1) dan yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan teman dan/atau guru
Coba Susun teks pidato / khotbah ngaliwatan lengkah-lengkah: 1.nangtukeun tema,
2. nyusun rangka karangan
3. Nyusun naskah pidato!
2 X 40’
Buku-buku pidato/ceramah/khotbah,Buku Teks





Standar Kompetensi : Berbicara
                                     9.2. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk mengemukakan
                                                 Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran, bercerita tentang  cerita pendek (carpon) dan
                                                Musikalisasi puisi.
                                 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pendidikan budaya dan
 karakter bangsa
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Nilai

Deskrifsi
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.2.1. Berpidato/
berceramah/ber-khotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas

Cara beridato/berceramah/berkhotbah dan implementasi- nya
o Mengamati dan mencermati pidato/ceramah/khotbah
o Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah dengan topik lain
o Mengembangkan kerangka pidato/ceramah/khotbah
o Berlatih berpidato/berceramah/berkhotbah
o Melaksanakan kegiatan pidato/ceramah/khotbah depat serta  serta artikulasi dan volume suara yang jelas!
·   Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah

·   Mampu berpidato/
   berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas


Religius















Bersahabat/
            Komuniktif
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain


Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
Tes  unjuk kerja
Uji petik kerja produk
§ Susun hiji rangka karangan dumasar kana hiji jejer !

§ Cing pek kuhidup biantarakeun naskah pidato anu tos disusun kalawan intonasi, artikulasi jeung volume sora anu hade tur jelas!
4 X 40’
Acara perhelatan
Buku teks
9.2.2. Konsep Kebahasaan









9.2.3. Apresiasi sastra
 Babaran Kecap
(Kosa Kata)

 Babasan dan
 Paribasa






  Apresiasi
  Carita Pantun

a.     Menyusun kembali Babasan jeung Paribasa yg terdapat pada pidato, khotbah
b.    Membuat babasan dan paribasa berdasarkan kalimat yang diambil dari bahan ceramah, pidato,khotbah.


·  Membaca naskah carita Pantun
·  Berdiskusi untuk menemukan  nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam kumpulan carita Pantun
·  Membandingkan nilai kehidupan dalam carita Pantun dengan nilai kehidupan siswa
menyimpulkan  nilai kehidupan dalam carita Pantun yang dapat menjadi teladan  siswa


-         Mampu membuat 2 contoh babasan
-       Mampu menyusun 2 contoh babasan dari kalimat yang diambil dari bahan pidato yang didengarkannya





o Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan carita Pantun
o Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam carita Pantun dengan nilai kehidupan siswa
       Mampu menyimpulkan  nilai    kehidupan dalam carita Pantun yang dapat menjadi teladan  siswa


Demontrasi










Penugasan
Lembar kerja prosedur








Tugas proyek

1. Cing pek tuliskeun deui 2 conto babasan anu aya dina teks biantara.
2. Coba tuliskeun deui 2 conto kalimat anu ngagunakeun paribasa!

3. Pek ku hidep baca  naskah carita Pantun sarta alisis nilai kahirupan nu aya dina carita Pantun eta,  
2 x 40’










2 x 40’
 CD pidato









Buku teks




Standar Kompetensi : Menyimak 
                                     9.1. Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/khotbah/ceramah,
                                                lirik lagu jenis tembang dan “nembengkeun” cerita pendek (carpon)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pendidikan budaya dan
 karakter bangsa
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Nilai

Deskrifsi
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.1.3. Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu jenis tembang













 Menyimak Rumpaka lagu jenis tembang















o  Mendengarkan rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Mendiskusikan hal-hal pokok dalam rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik
o Menyimpulkan pesan yang terdapat dalam rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik

o  Mampu menemukan hal-hal pokok dalam rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik


o Mampu menyimpulkan pesan rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik

o  Mampu menentukan isi rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik

o Mempu memberi komentar  dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi rumpaka lagu jenis tembang Ulah ceurik

Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
Tes  tulis
Tes uraian
1. Tulis deui anu jadi jejer dina rumpaka lagu  tembang Ulah ceuriknu diregepkeun ku hidep!

2. Jieun kacindekan tina rumpaka lagu tembang Ulah ceurik dina wangun kalimah!
3.  Cing pek ku hidep tangtukeun eusi rumpaka lagu tembang Ulah ceurik

2 X 40’
Rekaman CD tembang ”ulah Ceurik”









Standar Kompetensi : Berbicara
                                     9.2. Mampu mengungkapkan pikiran,perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk mengemukakan
                                                 Kritik, berpidato, berdiskusi, bermain peran, bercerita tentang  cerita pendek (carpon) dan
                                                Musikalisasi puisi.
                                 


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pendidikan budaya dan
 karakter bangsa
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Nilai

Deskrifsi
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
 9.2.4. Mengkritik berbagai karya (seni atau produk)
 Mengkritik
·   mendengarkan tembang “ulah ceurik”
·  Berdiskusi untuk menemukan  nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam tembang “ulah ceurik”
·  Membandingkan nilai kehidupan dalam tembang dengan nilai kehidupan siswa
·  menyimpulkan  nilai kehidupan dalam tembang yang dapat menjadi teladan  siswa
·         Mampu menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam tembang “ulah ceurik”
·        Mampu membandingkan nilai kehidupan dalam tembang “ulah ceurik” dengan nilai kehidupan siswa
·        Mampu menyimpulkan  nilai kehidupan dalam tembang “ulah ceurik” yang dapat menjadi teladan  siswa
Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
Tes  unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Regepkeun tembang “ulah ceurik” tuluy  analisis nilai kahirupan nu aya dina tembang “ulah ceurik”, sarta  bandingkeun jeung ajen kahirupan kiwari anu bisa dipake eunteung ku siswa!
2 X 40’
Rekaman CD tembang ”ulah Ceurik












Standar Kompetensi : Membaca
                                     9.3. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana tulis bentuk atau jenis cerita drama, karangan, bahasan, puisi, dan artikel



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Pendidikan budaya dan
 karakter bangsa
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar

Nilai

Deskrifsi
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
9.3.1. Membaca sastra prosa berupa dongeng





















 Wangun Kecap









 Membaca dongeng babad (sage)





















 Wangun kecap rajekan sa- R- na
o    Mendengarkan penyajian dongeng
o   Bertanya jawab untuk menemukan ide-ide  yang menarik dari dongeng
o   Merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
o   Membaca cerita dongeng babad
o   Berdiskusi untuk me­nen­tukan pokok-pokok cerita
o   Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita
o   Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri, baik secara lisan maupun tulis







o   Mendengarkan penjelasan bentuk kata Sa – R – na
o   Menentukan fungsi kata ulang
o   Membuat conto kata ulang s – R – na







·    Mampu menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·   Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng
·   Mampu menemukan isi di dalam dongeng
·   Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
·   Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis.











·         Mampu menyebutkan fungsi kata ulang s –R – na
·         Mampu merubah kata dasar menjadi kata ulang s – R – na
·         Mampu membuat dua kalimat dengan menggunakan kata ulang sa– R - na

Gemar Membaca







Rasa Ingin Tahu
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
Tes tulis























Tes tulis

Tes uraian























Tes uraian

1. Pek tangtukeun gagasan utama nu aya dina dongeng babad anu tos dibaca ku hidep!
2.  Tuliskeun deui hal-hal anu matak ngirut minat hidep anu aya dina carita dongeng!
3.   coba tuliskeun deui eusi  dongeng anu tos dibaca secara lisan!
4.   Coba jelaskeun relevansina antar eusi  dongeng anu tos dibaca jeung kahirupan kiwari?

 1. Coba sebutkeun fungsi kecap rajekan sa – R - na
 2. Cing pek susun 2 conto kecap anu make kecap rajekan sa – R – na
 3.  Cing pek jieun ku hidep 2 conto kalimah anu make kecap rajekan sa – R - na

4X40’
























Kaset /CD  dongeng
Buku teks










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar