Senin, 30 Juli 2012

RPP Bahasa Sunda Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TAHUN PELAJARAN 2012 - 2013)

Sekolah
: SMP N 1 DRAMAGA
Mata Pelajaran
: Bahasa Sunda
Kelas  /Semester
: IX / 1
Standar Kompetensi
: Menyimak
  9.1. Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan jenis pidato/khotbah/ceramah,lirik lagu jenis tembang dan Pembacaan cerita pendek (pidato)

Kompetensi Dasar
: 9.1.1. Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/ khotbah yang didengar



Pendidikan budaya dan
karakter bangsa
Nilai
Deskrifsi
Demokratis


Peduli Sosial
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan
                               
1.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimak serta menyimpulkan nilai-nilai kehidupan yang terdapa pada ” pidato/ceramah/khotbah” yang didengarnya.

2.    Materi Pembelajaran
Penyampaian cerita
a.    Rekaman VCD pidato
b.    Cara menyampaikan pidato
c.    Mendiskusikan isi pidato
d.    Tiori berpidato

3.    Metode Pembelajaran
a.       Pemodelan
b.       Inkuiri
c.       Demonstrasi

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.        Kegiatan awal
1.    Siswa mencermati tiori pidato dari guru
2.    Siswa dan guru bertanya jawab tentang struktur isi pidato
3.    Siswa mengidentifikasi kebermaknaan pidato

b.        Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)    Menjelaskan pengertian pidato
2)    melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip pembelajaran keterampilan bahasa.
3)    menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
4)    memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;(peduli sosial)
5)    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan (demokratis)

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a)      membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
b)     memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
c)      Guru membimbing peserta didik dalam menyimpulkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan yang terdapat pada ” pidato/ceramah/khotbah” yang didengarnya.
d)     Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi mengenai nilai-nilai kehidupan yang terdapa pada ” pidato/ceramah/khotbah” yang didengarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a).  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
b). memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
c). memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d). memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
e). berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
f).   membantu menyelesaikan masalah;
g).  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;

h).  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
 i).  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c.        Kegiatan  Akhir
1.    Siswa dan guru melakukan refleksi

5.    Sumber Belajar
a.    CD Pidato
b.    Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda

6.    Penilaian

No
Indikator
Teknik
Bentuk
instrumen
Instrumen Penilaian
1
Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah

Tes  tulis
Tes uraian
1.    Tulis deui hal-hal anu pokok tinapidato/ceramah/khotbah anu tos diregepkeun ku hidep!

2
Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah

Tes  tulis
Tes uraian
2.  Cing pek cindekeun amanah pidato /khotbah anu tos diregepkeun ku hidep dina wangun kalimah!


Pedoman Penskoran soal no 1 :

Kegiatan
Skor
Siswa bisa nuliskeun deui tema pidato nu diregepkeunana
4
Siswa bisa nataan deui eusi pidato nu aya dina bubuka, eusi, jeung panutup anu diregepkeunana
6

Pedoman penskoran Soal no 2 :
Siswa bisa nyusun nyindekeun amanah kalayan ngagunakan kalimah anu efektif tur efisien sarta kaidah basana bener
10
Siswa bisa nyusun nyindekeun amanah kalayan ngagunakan kalimah anu efektif tur efisien sarta kaidah basanak urang merenah
8
Siswa bisa nyusun nyindekeun amanah kalayan ngagunakan kalimah kurang efektif tur efisien sarta kaidah basana bener
6
Siswa bisa nyusun nyindekeun amanah kalayan ngagunakan kalimah kurang efektif tur efisien sarta kaidah basana kurang luyu
4

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut.

Perolehan Skor



Nilai akhir =
------------------------
X
Skor Ideal (100)
=   .  .  .

Skor Maksimum (20)



  
                                                                                               
 Mengetahui,                                                     Dramaga,   Juli  2012
Kepala SMPN I Dramaga                                    Guru Mata Pelajaran



Dra. Rosmaini Ginting, M.Si.,M.M.                     Drs. Apep Tatang Suryana                         
 NIP. 196210061994032002                                NIP.196803021998021003

1 komentar: